Sambut Kelahiran Balita, Ini Tata Metode Aqiqah serta Hukumnya Bagi Islam

Kelahiran si anak pastinya bawa kebahagiaan buat keluarga. Umat Islam umumnya melaksanakan aqiqah buat menampilkan rasa syukur atas kedatangan Sang Kecil di muka Bumi.

Orangtua yang dikira sanggup secara finansial dimohon menyembelih kambing dikala aqiqah. Daging kambing yang sudah disembelih tersebut nantinya dibagikan ke saudara, orang sebelah, serta orang- orang yang memerlukan.

Berikut tata metode aqiqah buat anak pria serta wanita serta hukumnya dan hal- hal yang butuh dicermati dikala melaksanakan aqiqah.

1. Jumlah hewan yang disembelih hikmah dari melaksanakan aqiqah

Sambut Kelahiran Balita, Ini Tata Metode Aqiqah serta Hukumnya Bagi Islamfreepik. com/ freepik

Tata metode aqiqah buat anak pria serta wanita umumnya sama. Tetapi, yang membedakan merupakan jumlah kambing yang disembelih. Buat anak pria, jumlah kambing yang wajib disembelih merupakan 2 ekor, sedangkan wanita satu ekor. Ini cocok dengan sebagian hadis yang diriwayatkan.

Amr bin Syu’ aib dari bapaknya, dari kakeknya mengatakan bila Rasulullah bersabda,“ Barangsiapa diantara kamu yang mau menyembelih( kambing) sebab kelahiran balita hingga hendaklah dia jalani buat pria 2 kambing yang sama serta buat wanita satu kambing.”

2. Ketentuan memilah hewan aqiqah Jasa aqiqah Jakarta dan Bekasi

Kambing yang hendak disembelih dikala aqiqah mempunyai kriteria yang sama dengan hewan kurban. Maksudnya, kambing wajib bermutu, sehat, tidak cacat, serta leluasa dari seluruh penyakit. Umur dari hewan ternak ini minimun separuh tahun.

Sambut Kelahiran Balita, Ini Tata Metode Aqiqah serta Hukumnya Bagi IslamFreepik. com

3. Waktu penerapan aqiqah

Dari Samurah bin Jundab, Rasulullah bersabda:“ Seluruh anak tergadaikan dengan aqiqahnya yang pada hari ketujuhnya disembelihkan hewan( kambing), diberi nama serta dicukur rambutnya.”

Para ulama berkomentar kalau waktu aqiqah yang disarankan merupakan 7 hari sehabis kelahiran balita. Tetapi, bila aqiqah belum membolehkan dicoba di waktu tersebut, dapat ditukar di hari ke- 14 ataupun ke- 21.

Muslim yang keadaan ekonominya kurang baik, terlepas dari kewajiban buat menyelenggarakan aqiqah. Terdapat ulama yang berkata kalau aqiqah dapat dicoba kapan saja hingga terdapat keahlian. Apalagi, seseorang anak boleh mengaqiqahkan dirinya sendiri dikala berusia nanti, apabila ibu dan bapaknya tidak mempunyai keahlian buat itu dikala dia masih kecil.

4. Menyembelih hewan aqiqah

Sambut Kelahiran Balita, Ini Tata Metode Aqiqah serta Hukumnya Bagi IslamFreepik. com/ Edited Popbela. com

Dikala menyembelih, terdapat perihal yang wajib dicermati, ialah tidak mematahkan tulang dari sembelihan. Ini dicoba supaya hikmah yang tercantum merupakan tafa’ ul ataupun berharap hendak keselamatan badan dan anggota tubuh dari anak tersebut.

5. Baca doa dikala menyembelih hewan aqiqah

Dikala menyembelih hewan aqiqah, penyembelih wajib membaca doa ini:

” Bismillah, Allahumma taqobbal min muhammadin, wa aali muhammadin, wa min ummati muhammadin.”

Maksudnya:“ Dengan nama Allah, ya Allah terimalah( kurban) dari Muhammad serta keluarga Muhammad dan dari ummat Muhammad.”( HR Ahmad, Muslim, Abu Dawud).

6. Memasak daging aqiqah

Sambut Kelahiran Balita, Ini Tata Metode Aqiqah serta Hukumnya Bagi IslamDok. Internet

Sesungguhnya, terdapat 2 komentar menimpa pembagian daging aqiqah. Terdapat yang melaporkan dapat dibagikan secara mentah, tetapi banyak pula ulama yang mengutamakan supaya daging dimasak dahulu saat sebelum dibagikan kepada orang- orang.

Ini cocok dengan hadits Aisyah r. a:“ Sunnahnya 2 ekor kambing buat anak pria serta satu ekor kambing buat anak wanita. Dia dimasak tanpa mematahkan tulangnya. Kemudian dimakan( oleh keluarganya), serta disedekahkan pada hari ketujuh.”( HR al- Bayhaqi)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *