Bagaimana Merawat Mobil yang Jarang Dipakai?

Mobil Toyota yang dikenal tidak memerlukan perawatan yang rumit ternyata bisa mengalami kerusakan jika didiamkan terlalu lama selama masa pandemi. Oleh sebab itu, Anda perlu membawanya ke layanan service Toyota untuk memastikan kondisinya tetap prima. Jika tidak maka mobil bisa saja mengalami kerusakan parah karena terlalu lama tidak digunakan.

Tips merawat mobil agar tetap prima

Selama masa pandemi, masyarakat cenderung membatasi perjalanan. Hal ini tentu berpengaruh terhadap penggunaan mobil. Masyarakat lebih jarang menggunakan mobil karena lebih sering berada di rumah. Oleh sebab itu, banyak yang mulai khawatir dengan kondisi mobil jika sudah lama tidak dipakai. Jika Anda termasuk diantaranya, berikut tips yang bisa Anda lakukan.

  1.   Bersihkan mobil secara teratur

Meski dibiarkan disimpan di tempat tertutup, mobil akan tetap terkena debu dan kotoran terutama di bagian eksteriornya. Oleh sebab itu, pastikan Anda rutin membersihkan mobil terutama saat akan disimpan kembali untuk menghindari noda bandel yang bisa menimbulkan bekas di permukaan cat.

Selain agar tetap bersih, cara ini juga bisa digunakan untuk mempertahankan kualitas cat mobil Anda. Noda seperti lumpur, minyak, dan juga bekas air bisa menggerus cat mobil Anda sehingga membuatnya terlihat kusam jika dibiarkan terlalu lama.

  1.   Isi bahan bakar dan cairan lain secara rutin

Meski jarang digunakan, jangan pernah lupa untuk mengganti berbagai cairan seperti oli, cairan pendingin, dan juga filter mobil. Hal ini akan menjaga mobil Anda dari karat karena tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Selain diisi secara rutin, kualitas cairan tersebut juga akan sangat berpengaruh. Bahan bakar dengan nilai oktan tinggi bisa meminimalisir karat di tangki bahan bakar. Sementara itu, oli baru dengan kualitas tinggi dan cairan pendingin yang asli bisa membantu mesin tetap awet dan bersih meski jarang dipakai.

  1.   Periksa tekanan ban secara teratur

Perlu diketahui jika perubahan suhu udara bisa ikut memengaruhi tekanan udara di ban mobil Anda. Hal inilah yang membuat ban mobil kempis meskipun mobil jarang dipakai. Oleh sebab itu, selalu cek tekanan ban atau pompa ban hingga mencapai tekanan maksimal sebelum ditinggal.

Selain menggunakan pompa, jangan lupakan juga untuk menggunakan dongkrak jika meninggalkan mobil dalam jangka waktu lama. Ban mobil yang kempis serta terlalu lama menempel di tanah bisa menyebabkan bagian dalam ban rusak parah. Penggunaan dongkrak pada keempat roda mobil dimaksudkan agar berat mobil tidak bertumpu hanya di ban saja.

  1.   Gunakan kain penutup mobil

Garasi merupakan tempat terbaik jika ingin meletakkan mobil yang jarang dipakai. Hal ini disebabkan tempat tersebut cenderung tertutup, gelap, dan juga kering sehingga tidak akan merusak bagian eksterior mobil Anda.

Sedikit tips, jika Anda ingin memarkir mobil di garasi maka sebaiknya Anda melepas rem tangan. Sebab, jika digunakan terlalu lama maka rem tangan akan terasa lengket dan membuat roda terkunci. Oleh sebab itu, ketika parkir sebaiknya gunakan sesuatu yang berat untuk mengganjal ban agar tetap terjaga.

Namun, jika Anda ingin meninggalkan mobil dalam jangka waktu yang cukup lama maka ada baiknya jika Anda juga menggunakan penutup mobil berupa kain atau terpal. Penutup mobil ini dimaksudkan untuk memberikan perlindungan tambahan agar mobil terhindar dari debu, sinar matahari, atau binatang lain yang berpotensi merusak kendaraan Anda.

  1.   Perhatikan kondisi busi dan aki

Beberapa ahli berpendapat jika aki mobil sebaiknya dicopot ketika tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Hal ini juga berlaku untuk busi kendaraan. Ada baiknya jika Anda mencopot lalu memberikan sedikit oli sebelum dipasang kembali agar kepala silindernya tetap lembab selama mobil tersebut tidak digunakan.

Meskipun jarang digunakan tapi perawatan seperti service rutin jangan sampai dilupakan. Jika Anda terlalu malas untuk pergi keluar hanya untuk ke bengkel maka  Anda bisa menggunakan layanan service di rumah seperti Toyota home servis. Dengan layanan resmi ini Anda hanya perlu booking jadwal dan menunggu teknisi datang ke rumah Anda.

Sayangnya, layanan ini baru tersedia di berbagai tempat saja. Salah satunya adalah di ASTRIDO. Dealer dan bengkel Toyota ini merupakan sedikit tempat yang memiliki layanan home service di daerah Jakarta dan sekitarnya. Jika Anda tertarik untuk mencoba maka Anda cukup mengunjungi situs resminya di  toyotaastrido.co.id untuk melakukan booking secara langsung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *