Bagaimana cara mencuci sepeda yang baik (menurut saya)

Bagaimana cara mencuci sepeda yang baik (menurut saya)

Membersihkan sepeda bisa jadi kegiatan yang mengasyikkan atau menyusahkan. Tetapi mencuci dan membersihkan sepeda adalah kegiatan yang wajib dijalankan supaya sepeda lebih awet, bersih, dan nyaman untuk digunakan.

Mencuci sepeda bersama cara yang salah, dapat mengakibatkan sepeda lebih cepat rusak, dikarenakan karat atau kekurangan pelumas. Banyak komponen pada sepeda yang tidak tahan air, tidak kedap air, kesusahan untuk dibersihkan, kesusahan untuk dikeringkan, supaya kami wajib benar pada pas mencuci dan membersihkan sepeda.

Mencuci sepeda, kebanyakan mengakibatkan pelumas sepeda turut tercuci atau terlarut, supaya pelumasan ulang sesudah mencuci sepeda wajib dilakukan tips merawat sepeda supaya tetap awet .

Karat pada sepeda bisa timbul, dikarenakan ada pertemuan O2 (oksigen berasal dari udara), air & cairan asam/garam/basa, dan logam/metal. Baca : karat pada sepeda.

Jadi untuk menjauhkan karat, air adalah satu anggota yang bisa dihilangkan untuk menjauhkan karat. Mengeringkan sepeda sesudah dibersihkan dan dicuci wajib dijalankan untuk menghidari karat pada sepeda. Banyak yang melarang membersihkan sepeda bersama air bertekanan/power washer. Setelah penjelasan mengenai cara mencuci sepeda secara umum, aku dapat membicarakan hal-hal khusus kecuali dapat mencuci sepeda bersama air bertekanan.

Perlengkapan khusus untuk mencuci sepeda Novapro
Menggunakan peralatan dan perlengkapan yang khusus dibuat untuk mencuci sepeda bisa efektif. Tetapi perlu biaya tambahan, dan harganya juga lebih mahal. Menggunakan alat dan sabun biasa udah cukup, tapi wajib diperhatikan wujud dan komposisinya supaya tidak menyebabkan kerusakan sepeda, dan pemanfaatan yang lebih berhati-hati.

Untuk mencuci sepeda, wajib disiapkan:

Kain untuk gosok dan mengeringkan
Sikat
Ember dan air
Sabun
Busa/sponge
Degreaser (bensin dan solar tidak dianjurkan)
Standar sepeda (bike repair stand) kecuali ada
Setelah mencuci sepeda bisa disiapkan juga:

Lubrican untuk rantai, oli dan pelumas lainnya

1. Persiapan Pembersih Rantai Sepeda

Lepaskan seluruh aksesories yang melekat pada sepeda, layaknya botol minum, tas, braket, gantungan GPS atau gadget, dan lainnya. Kalau dapat mencuci sepeda listrik, jangan lupa melewatkan baterainya terlebih dahulu.
Posisikan sepeda pada posisi yang stabil dan tidak mudah bergerak, supaya maksimal dikala menyikat atau menggosok. Jika memiliki bike stand dapat lebih baik, tapi membersihkan atau lapisi anggota penjepit, dikarenakan kecuali ada pasir atau kotoran lainnya bisa menggesek dan menyebabkan kerusakan lapisan cat. Jika bisa dijalankan bersama mudah, sebaiknya lepaskan juga roda sepeda.
Siapkan 2 ember, satu untuk air sabun, dan satunya ulang untuk mencuci sponge/busa atau kain. Saya kebanyakan manfaatkan sabun cuci piring atau sabun colek.
2. Basahi dan siram sepeda

Basahi sepeda, bisa bersama mengguyur bersama gayung atau ember, atau selang air bersama tekanan rendah.
Cara mudah paham air bertekanan tinggi, siram air berasal dari selang ke tangan, kecuali udah jadi jadi menusuk dan sakit, maka tekanan air udah tinggi.

Jatuhkan seluruh kotoran, lumpur, atau debu yang melekat pada sepeda bersama air. Air dapat melunakkan lumpur, dan kotoran lainnya supaya memudahkan untuk pencucian sepeda.

2. Cuci drivetrain sepeda
Biasakan mencuci sepeda jadi berasal dari anggota yang paling kotor terlebih dahulu, kebanyakan adalah rantai dan drivetrain sepeda.

Degreaser adalah Heavy Duty Cleaner yang mempunyai kandungan non-ionic detergent berwujud water based yang bisa melarutkan kotoran berminyak. Degreaser yang baik adalah yang tidak mudah terbakar dan mempunyai kandungan anti karat, dan bisa diuraikan oleh bakteri supaya tidak menimbulkan pencemaran lingkungan.

Menggunakan degreaser dapat memudahkan untuk melarutkan lubrican/oli/pelumas hitam yang menempel, manfaatkan sikat untuk menjangkau bagian-bagian didalam dan sempit, layaknya di anggota didalam rantai, celah diantara chainring dan sprocket.
Sikat ulang bersama air sabun untuk membersihkan sisa-sisa minyak dan kotoran pada drivetrain. Selalu manfaatkan banyak air dan sabun, supaya kotoran jatuh, dan tidak terbawa dan tergesek-gesek ke komponen lain dikala disikat atau digosok.

3. Cuci roda sepeda

Sikat roda sepeda manfaatkan air sabun, hati-hati jangan hingga menekan atau tersenggol ke jari-jari sepeda bersama kuat. Gunakan sikat yang lebih halus kecuali ada (untuk menjauhkan goreasan), atau manfaatkan sponge/busa kecuali roda sepeda tidak amat kotor.

4. Cuci frame sepeda

Gunakan sikat untuk melewatkan kotoran yang melekat sambil disiram, pastikan pasir-pasir udah lepas. Karena menggosok sepeda bersama sponge atau kain dikala pasir atau material kasar lainnya tetap melekat bisa menggores badan sepeda. Setelah itu, manfaatkan sponge dan sabun untuk menggosok frame sepeda, membersihkan berasal dari atas ke bawah.
Jika sponge jatuh ke tanah, sebaiknya rubah atau bilas terlebih dahulu sebelum akan dipakai lagi. Karena pasir atau kotoran yang melekat pada sponge dapat mengakibatkan sepeda tergores kecuali segera dipakai.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *