Apa Itu ISO 14000 dan Siapa Saja Yang Berhak Memilikinya?

Apa Itu ISO 14000 dan Siapa Saja Yang Berhak Memilikinya?

Apa Itu ISO 14000 – ISO 14001 sistem manajemen lingkungan adalah bagian berasal dari ISO 14000. Siapa saja yang sanggup memilikinya? Berikut ulasannya.

ISO atau International Organization for Standardization jadi dikenal sehabis perang dunia ke-2. Organisasi ini adalah organisasi nonpemerintah atau NGO yang berpusat di Jenewa, Swiss. Anggotanya sementara ini lebih berasal dari 100 instansi dan negara, termasuk di dalamnya Indonesia tips bijak memilih konsultan iso .

ISO sendiri bukanlah akronim, tapi disita berasal dari bahasa latin yang berarti sama. Sesuai namanya, organisasi ini didirikan untuk berupaya standardisasi yang mirip di dalam tingkat internasional.

Salah satu pembakuan atau penyamaan standar yang tersedia adalah ISO 14000 perihal manajemen lingkungan. Selain ISO 14000, khalayak termasuk menyadari perihal ISO 14001 sistem manajemen lingkungan. Lalu, apa perbedaannya?

Apa Itu ISO 14000? sertifikasi iso jakarta
Apa itu ISO 14000? ISO 14000 adalah kumpulan standar di dalam bidang lingkungan hidup. Standar-standar ISO 14000 berkenaan dengan cara sebuah perusahaan menahan rusaknya lingkungan seminimal mungkin akibat aktivitasnya. Perusahaan termasuk berkewajiban memantau dan meningkatkan kegiatan kerja lingkungannya.

ISO 14000 yang menitikberatkan terhadap manajemen lingkungan diterapkan secara sukarela oleh perusahaan. ISO 1400 diperkenalkan kepada khalayak di awal tahun 90-an dan termasuk ke di dalam faktor pengelolaan mutu, bukan hanya faktor tekhnis atau ekonomis saja.

ISO 14000 punya sebagian tujuan, di antaranya:

Memberikan motivasi usaha dan melaksanakan pendekatan di dalam pengelolaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan yang pengelolaannya disamakan hingga tingkat global.
Melakukan peningkatan kekuatan sebuah organisasi sehingga sanggup melakukan perbaikan mutu sumber daya alam dan lingkungan hidup.

Memberikan layanan dan kekuatan di dalam kegiatan ekonomi dan industri sehingga tidak mengalami rintangan di dalam berusaha.
ISO 14000 sudah diterapkan di bermacam perusahaan dan kota di dunia sebagai bentuk prinsip mereka kalau bisnis sanggup ditunaikan dengan ramah lingkungan jasa pengurusan sertifikat halal mui .

Standar yang tersedia terhadap ISO 14000 punya acuan ukur tekhnis yang universal demi kepatuhan lingkungan sehingga tidak hanya perusahaan yang membutuhkan, tapi pemasok dan distributor termasuk terlibat.

Perbedaan ISO 14000 dan ISO 14001
ISO 14000 terdiri berasal dari sebagian seri standar dan ISO 14001 sistem manajemen lingkungan tersedia di dalamnya. Dari seluruh seri ISO 14000, ISO 14001 adalah seri yang paling dikenal. Hal ini gara-gara di dalam sertifikasi ISO 14000, sebenarnya termasuk merupakan sertifikasi untuk ISO 14001.

ISO 14001 termasuk punya sebagian komponen inti, yaitu perihal program lingkungan tertulis, pendidikan dan pelatihan, dan juga pengetahuan perihal perundang-undangan lokal dan nasional, terutama yang berkenaan dengan lingkungan hidup.

Berdasarkan standar berasal dari ISO 14001, komunitas atau organisasi diwajibkan sehingga menerapkan dan menempatkan rangkaian-rangkaian praktek dan juga prosedur yang sekiranya disita secara seiring bakal mewujudkan environmental management system.

Pada dasarnya, ISO 14001 bukanlah sebuah standar teknis. Oleh gara-gara itu, tidak mungkin menukar kriteria tekhnis yang tersedia di di dalam perundang-undangan dengan bermacam cara apa pun. Hal ini termasuk tidak termasuk di di dalam penetapan standar kinerja yang dibentuk oleh perusahaan atau organisasi.

Karena berkenaan dengan kelestarian lingkungan yang ada, menjadi sebuah kerugian besar bagi sebuah perusahaan atau kota yang tidak menerapkan ISO 14001 ini.

Khalayak bakal lebih mengapresiasi perusahaan atau kota yang mementingkan kebugaran lingkungan yang ditempati.

Baca juga: Apa Itu ISO 14001?

Manfaat ISO 14000
Sama halnya dengan ISO 14001 sistem manajemen lingkungan, ISO 14000 termasuk punya bermacam manfaat, baik bagi produsen, konsumen, dan lingkungan.

Manfaat bagi produsen:

Mengurangi potensi konflik yang berlangsung di antara pekerja dengan pengusaha di di dalam menyediakan lingkungan kerja yang sehat dan layak dan juga sehat sehingga sanggup meningkatkan produktivitas kerja lewat efisiensi dan biaya.
Menjadi penghubung sehingga pemenuhan kebutuhan aturan lingkungan sanggup teraplikasi dengan lebih baik, terencana, dan terstruktur
Pemanfaatan sumber daya yang lebih bijak dan bertanggung jawab sehingga terbentuk eko-efisiensi.
Menjaga citra baik perusahaan yang sudah dibangun selama in.
Manfaat beroleh sertifikat ISO 14000 bagi lingkungan:

Pengurangan pencemaran lingkungan dan juga penurunan pemakaian bahan kimia berbahaya.
Berkurangnya limbah beresiko yang sanggup mengancam gangguan sosial berasal dari penduduk lebih kurang yang jadi terganggu.
Dari sisi konsumen, fungsi yang didapatkan di antaranya:

Perlindungan lingkungan
Manajemen lingkungan yang lebih baik
Meningkatkan daya saing
Jaminan kepatuhan terhadap undang-undang
Sistem manajemen yang efektif
Minimalisasi biaya
Relasi dengan penduduk lebih baik
Kepuasan konsumen

Siapa yang Berhak Menerapkan ISO 14000?
Penerapan ISO 14000 umumnya diterapkan di dunia industri manufaktur yang berkenaan erat dengan lingkungan. Industri manufaktur tercatat menghasilkan bermacam limbah dan polusi, seperti polusi suara berasal dari mesin-mesin yang beroperasi.

Moda transportasi yang terlihat masuk pabrik sanggup menghasilkan polusi udara. Pembuangan limbah yang tidak sesuai prosedur, pemakaian air tanah berlebihan, dan kebocoran bahan bakar sanggup menjadi masalah tersendiri. Termasuk gas yang dihasilkan sanggup mengakibatkan pencemaran udara yang berat.

Jika industri manufaktur tidak sanggup menangani hal-hal selanjutnya dengan baik, maka bakal tersedia dampak negatif yang timbul untuk perusahaan. Ancaman utamanya adalah pencabutan izin operasi. Namun, ancaman lainnya adalah tuntutan berasal dari penduduk lebih kurang dan termasuk berasal dari pegiat lingkungan hidup.

Dengan begini, ongkos yang bakal dikeluarkan untuk meredam itu seluruh menjadi lebih besar. Di samping itu, hal selanjutnya termasuk bakal memblokir peluang perusahaan untuk sanggup mempromosikan produknya ke bermacam perusahaan besar yang ramah lingkungan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *